Senin, 02 Mei 2011

Riwayat Pendidikan Tgk. Haji Hasan Krueng Kalee


            Sejak kecil Tgk. Haji Hasan Krueng Kalee sudah mendapatkan pendidikan agama dari ibunya sendiri disamping ayahnyaTeungku Haji Muhammad Hanafiah, terutama membaca Al-Qur’an dan lain-lain. Ibunya juga seorang anak ulama yaitu Nyakti Hafsah binti Tgk Syaikh Ismail Krueng Kalee. Dalam pengasingannya di Pidie beliau sebagai guru wanita di mukim Sangeue Kabupaten Pidie. Sedangkan pelajaran agama lainnya seperti nahu, sharaf, ilmu fiqh, ilmu ma’ani, ilmu tafsir, sejarah Islam dan sebagainya beliau diajarkan langsung oleh ayahnya, yaitu Tgk Haji Muhammad Hanafiah (Tgk Haji Muda).
Selain itu, pendidikan dasar Tgk Haji Hasan Krueng Kalee adalah membaca kitab-kitab yang berbahasa Melayu Jawi selain membaca Al-Qur’an pada Syaikh Umar Lam-Ue di Keudah, ayah Tgk Hasballah Indrapuri, kemudian pada Syaikh Abdul Maniem di Mekkah serta mempelajari juga kitab-kitab jawi sampai ke tingkat tinggi, seperti Madlail Badraini dan Minhajul ’Abidin. Kemudian beliau mempelajari kitab-kitab berbahasa Arab di Yan, Keudah – Malaysia, kemudian ke Mekkah Al-Mukarramah dan Madinah Al-Munawwarah.
            Ketika dalam pengasingannya, beliau berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain di daerah pengungsian ( Kabupaten Pidie) dan setelah mempunyai pengetahuan dasar tentang agama Islam, bahasa Arab, sejarah Islam dan lain-lain. Pada tahun 1906 M, Tgk Haji Hasan Krueng Kalee yang telah menjadi muda remaja berangkat ke Yan, Keudah – Malaysia untuk memperdalam ilmu pengetahuan yang telah beliau pelajari. Hasan dikirim oleh ayahnya ke Yan Kedah (Semenanjung Tanah Melayu) untuk melanjutkan pendidikannya di Dayah Yan, yang pada waktu itu dipimpin oleh Teungku Haji Muhammad Arsyad, seorang ulama besar yang berasal dari Kerajaan Aceh Darussalam. Tgk Syaikh Arsyad adalah teman pengajian ayahnya dulu sewaktu di Lamnyong.
            Selain itu, keberangkatan beliau ke Keudah adalah atas dorongan Teuku Raja Keumala, Tgk Syaikh Ibrahim Lambhuk disamping ayahanda beliau sendiri, disana beliau memperdalam ilmu pengetahuan selama beberapa tahun. Sudah semenjak lama, Dayah Yan di Kedah menjadi pusat pendidikan Islam di Semenanjung tanah Melayu, dimana para sultan Kerajaan Aceh Darusssalam mengirim ulama-ulama besar kesana untuk membangun dayah sebagai lembaga pendidikan utama untuk daerah-daerah Tanah Seberang.
        Sebagaimana diketahui bahwa dalam abad ke-16 dan 17, terutama dalam masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda Meukuta Alam (1016-1045 H, atau 1607-1636), sebagian besar semenanjung tanah melayu, termasuk Kedah, berada dibawah perlindungan Kerajaan Aceh Darussalam. Demikianlah, Dayah Yan berjalan baik dari zaman ke zaman, sehingga pecah peperangan di Aceh antara Kerajaan Aceh dengan Kerajaan Belanda. Dan setelah pecah peperangan yang dahsyat itu, maka sejumlah ulama-ulama besar hijrah ke Keudah, yang tidak diminta untuk memimpin peperangan, sehingga Dayah Yan waktu itu menjadi pusat pendidkan Islam, juga untuk putri-putri Aceh yang wilayah negaranya sedang dibakar api peperangan.
        Dalam tahun-tahun peperangan sedang berkecamuk di Aceh itu, salah seorang diantara putra-putranya yang bertolak ke Yan Kedah, yaitu Hasan, putra Teungku Haji Muhammad Hanafiah, yang sedang kita bicarakan ini, dan yang memimpin Dayah Yan dikala pemuda Hasan tiba disana, yaitu Teungku Haji Muhammad Arsyad.
        Setelah menamatkan studinya di Dayah Yan, Tgk Haji Hasan Krueng Kalee yang telah mempunyai pengetahuan cukup dalam hal agama Islam dan telah lancar mempergunakan bahasa Arab. Atas persetujuan gurunya pada tahun 1910 beliau berangkat ke tanah suci dalam rangka menunaikan rukun Islam yang ke Lima (ibadah Haji) serta untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi pada pusat pendidikan Islam Masjidil Haram Makkah, ditempat mana pemuda Hasan belajar lima tahun dan yang menjadi gurunya, yaitu ulama-ulama besar yang menjadi masyaikh (para guru besar) dalam Masjidil Haram. Disana beliau memperdalam ilmu pengetahuan agama pada Syaikh-syaik terkenal di Mekkah. Diantara guru-guru beliau selama berada di Mekkah adalah Syaikh Said Al-Yamani Umar bin Fadil, Syaikh Khalifah, Syaikh Said Abi Bakar Ad-Dimyaty dan Syaikh Yusuf An-Nabhany. 
                Selain pengetahuan Islam secara umum, pemuda Hasan khusus mendalami ilmu tauhid, fiqh (hukum Islam), tafsir, ilmu falaq, ilmu tasawwuf, dan sejarah Islam, dimana akhirnya Tgk Haji Hasan Krueng Kalee mendapat ijazah dalam ilmu-ilmu tersebut, sehingga karena dia telah boleh memakai lakab ulama di muka namanya. Di tiap-tiap jenjang lamanya Tgk Haji Hasan Krueng Kalee belajar tujuh tahun sehingga sampai dapat membaca Fathul Mu’in, Minhajul ’Abidin, serta sudah bisa membaca kitan Mahally (Qalyubi wa ‘Umairah) dan Fathul Wahab.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Redesign by : Sbafcom Corporatian